Manfaat Kulit Manggis Untuk Penyakit Dispepsia

By | April 18, 2017

Manfaat Kulit Manggis Untuk Penyakit Dispepsia

Apakah anda tau apa manfaat kulit manggis untuk kesehatan ? nah kali ini kami akan membahas sedikit tentang manfaat kulit manggis untuk kesehatan sebagai Obat Herbal Alami terutama untuk penyakit dispepsia.

manfaat kulit manggis

Kulit manggis

Amat kaya dapat Vitamin B1, B2 dan C, serta kalsium, potassium, sodiumdan zat besi. Manggis terhitung memiliki kandungan Xanthone, mangostin, garsinon, flavonoid, epicatechin, spingomyolinase dan gartanin. Kandungan Xanthone di dalam kulit manggis memiliki kekuatan sebagai antioksidan super tinggi yang lebih efisien di dalam menangkal radikal bebas yang masuk kedalam tubuh yang menjadi pemicu terjadinya berbagai penyakit kronis.

Zat Antioksidan bernama alpha-mangostin dan gamma-mangostin terhitung bisa menetralisir racun di dalam tubuh serta memperbaiki sel-sel atau jaringan tubuh yang rusak, dan melindungi lambung berasal dari berbagai masalah. Xanthone terhitung berbentuk sebagai Zat Anti-Bakteri atau Virus dan anti peradangan, yang bisa memusnahkan Virus atau Bakteri yang masuk kedalam lambung dan membuat Dispepsia, serta bisa menangani peradangan yang disebabkan oleh Penyakit Dispepsia itu sendiri.

Nah cara pengolahan kulit manggis tersebut sebagai berikut :

  1. Diolah Menjadi Teh

Kulit manggis mampu diolah menjadi teh

Membuat teh berbahan kulit manggis sangatlah mudah. Cuci bersih kulit-kulit manggis yang Anda memiliki kemudian potong kecil-kecil dan jemur di bawah sinar matahari hingga kering. Selanjutnya Anda mampu menyeduhnya bersama dengan air hangat dan mencampurnya bersama dengan madu atau gula batu untuk mengurangi rasa sepet kulit manggis tersebut.

  1. Diolah Menjadi Jus

Jika Anda tidak ada sementara untuk menjemur atau cuaca sedang musim penghujan, kulit manggis mampu segera dibuat jus. Pilihlah kulit yang masih segar agar tidak liat saat diblender. Cukup bersama dengan memotong-motong kecil kulit buah manggis, campurkan bersama dengan sedikit air dan madu jus yang lezat dan kaya manfaat pun tersaji.

  1. Diolah Menjadi Ekstrak Kulit Manggis

Selain membelinya, Anda pasti mampu membuat sendiri ekstrak kulit manggis. Caranya benar-benar mudah yakni cuci bersih kulit manggis, kemudian potong tipis-tipis lalu dijemur hingga kering. Setelah kering sempurna dan tak berjamur Anda mampu menumbuknya atau memblender kulit manggis kering tersebut hingga menjadi serbuk. Setelah itu simpanlah didalam toples yang kering dan kedap udara. Untuk menikmatinya Anda mampu menyeduh sebagian sendok teh bubuk kulit manggis tersebut bersama dengan air panas seperti sedang membuat kopi dan berikan sebagian tetes madu atau gula rendah kalori.

  1. Direbus

Cara mengolah kulit manggis yang satu ini sangatlah praktis dan mudah. Ambil sebagian genggam kulit manggis kering dan rebuslah bersama dengan air mendidih hingga air rebusan beralih warna menjadi lebih gelap. Setelah itu saringlah dan nikmati rebusan air kulit manggis tersebut bersama dengan sedikit gula batu. Niscaya bakal menjadi minuman yang nikmat tetapi besar sekali manfaatnya bagi kebugaran Anda.

  1. Dibuat Wedang Kulit Manggis

Selain cara-cara tersebut diatas, pengolahan kulit manggis yang benar-benar mudah seterusnya adalah membuatnya menjadi wedang kulit manggis. Siapkan sebagian buah kulit manggis yang masih segar lalu kerok daging kulitnya. Taruh kerokan kulit manggis tersebut kedalam gelas dan seduh bersama dengan air panas atau Anda mampu merebusnya sebentar lalu nikmati wedang kulit manggis ini bersama dengan memberikan gula batu ataupun madu.

Itulah sebagian cara yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah untuk mengolah kulit manggis yang benar-benar kaya manfaat tersebut. Dengan mengolahnya sendiri tentu saja mampu lebih irit dari pada Anda membelinya di toko. Selamat mencoba.

Mungkin itulah sedikit informasi tentang manfaat kulit manggis sebagai Obat Herbal Alami untuk dispepsia. Salam sehat dari Toko Zahra Herbal.

Leave a Reply